Jumat, 18 Oktober 2013

PENGGUNAAN TELEMATIKA DALAM BERBAGAI BIDANG

Istilah telematika sering dipakai dama berbagai macam bidang, salah satunya dalam bidang teknologi infromasi. Para praktisi mengatakan bahwa telematics adalah singkatan dari telecomunication dan informatics sebagai wujud dari perpaduan konsep komputasi dan komunikasi. Istilah telematika juga dikenal ebagi the new hybrid technology yang lahir karena perkembangan teknologi digital. 
  1. Cabang baru dari ilmu forensik. Perkembangan teknologi informasi (TI) di Indonesia juga disertai dampak negatifnya, bahkan cenderung mengarah pada pelanggaran pidana. Hal tersebut juga menjadi alasan dibentuknya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang khusus mengatur kejahatan di dunia maya (cybercrime). Di pihak penegak hukum, Polri telah memanfaatkan teknologi tekematika untuk memerangi kejahatan teknologi informasi dengan dibentuknya satuan khusus, yaitu Unit V TI dan Cybercrime. 
  2. Komputer Forensik, adalah salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpinan digital. 
  3. Tahapan komputer forensik, ada 4 tahap dalam komputer forensik, yaitu
  • Pengumpulan data, dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai sumber daya penting dan untuk menghimun semua data dengan baik. 
  • Pengujian, proses penilaian dan mencari infromasi yang telah dikumpulkan. 
  • Analisis, memberikan kesimpulan yang berkualitas yang harus didasarkan pada data yang ada. 
  • Dokumentasi dan laporan. 
(sumber:  http://muifmuhendra.my-php.net/index.php/jurnal-kuliah/92-telematika-untuk mengungkap-kasus-kejahatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar