Rabu, 02 Januari 2013

FUNGSI KOMPUTER DI DUNIA KEDOKTERAN

Salah satu peran komputer adalah berlaku dalam dunia kedokteran Dunia kedokteran adalah dunia yang sarat dengan teknologi, antara teknologi dan kedokteran bisa dikatakan tak terpisahkan, kedokteran butuh teknologi dan teknologi butuh dunia kedokteran untuk aplikasinya.

Komputer sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis dapat kita lihat di berbagai rumah sakit, sangat banyak contoh peran komputer dalam dunia kedokteran ini untuk dijabarkan satu persatu. Dalam makalah ini duberikan beberapa fasilitas medis yang didukung oleh teknologi komputer . Sebagai alat Bantu dalam bidang kedokteran komputer bisa berwujud komputer secara utuh seperti PC atau juga sebagai embedded devise(adalah komputer yang dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga mempunyai fungsi-fungsi yang lebih spesifik).
Dalam wujud utuh biasanya dimanfaatkan untuk administrasi obat-obatan, daftar pasien, atau juga administrasi rumah sakit lain, untuk peralatan pendukung medis biasanya dalam wujud embedded device.

Helical CT-SCAN
Adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagital, paling kecil jarak antara potongan 3 mm. Kelebihan dibanding CT-SCAN Konvensional:
-Lebihcepat
-Tigadimensi
- Bisa untuk pemeriksaan pembuluh darah

Magnetic Resonance Imaging ( M R I )
Adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagita. Alat ini mempunyai berbagai kelibihan diantyaranya :
- Tidak menggunakan sinar X
- Pakai tenaga magnetic
- Potongan tranversal, coronal, sagital tanpa merubah posisi pasien
- Jaringan saraf & jaringan lunak tampak lebih jelas
- Waktu lebih lama- Pasien gelisah tidak bisa diperiksa

Pemeriksaan Ekokardiografi
Adalah suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung, alat ini baru dimiliki beberapa RS di Indonesia.Dengan mengguanakan alat ini aktivitas otot-otot Jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor.
Jadi, salah satu pemanfaatan perangkat keras komputer adalah didunia kedokteran. beberapa fungsinya adalah Komputer sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis seperti yang dapat kita lihat  sekarang di berbagai rumah sakit, sangat banyak contoh peran komputer dalam dunia kedokteran. Diantaranya adalah untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, untuk pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit, dan masih banyak fungsi – fungsi yang lain.


Sumber : http://deni2k6.wordpress.com/2011/01/01/fungsi-komputer-di-dunia-kedokteran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar